Categories
Pendidikan

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik Wirausaha
Menurut McGraith dan Mac Milan (2000), setiap pengusaha di masa depan harus memiliki tujuh fitur utama. Ketujuh karakter tersebut adalah sebagai berikut.


1. Berorientasi pada tindakan

Pengusaha selalu ingin segera bertindak, meskipun dalam situasi yang tidak pasti. Dugaan mereka adalah melihat dan melakukan. Bagi mereka, risiko tidak boleh dihindari, tetapi tindakan dan wawasan harus dihadapi dan ditaklukkan.


2. Berpikir sederhana

Meskipun dunia menjadi sangat rumit, mereka selalu belajar untuk menyederhanakannya. Meskipun mereka sangat berpengetahuan, mereka bukan orang teknis yang rumit yang menginginkan pekerjaan yang rumit. Mereka jelas melihat masalah dan secara bertahap menyelesaikannya secara individual.


3. Mereka selalu mencari peluang baru

Apakah ini benar-benar peluang kerja baru atau peluang dari pekerjaan yang sama? Untuk pemula, mereka selalu ingin mempelajari hal-hal baru, jaringan dari bawah ke atas dan memperluas penampilan atau jangkauan bisnis mereka. Sementara melakukan upaya yang sama, mereka selalu mencari alternatif baru seperti model, desain, platform, bahan baku, energi, pengemasan dan struktur biaya produksi. Mereka memanfaatkan tidak hanya bisnis atau produk baru, tetapi juga cara-cara baru.


4. Cari peluang disiplin tinggi

Seorang wirausahawan tidak hanya terjaga, memiliki mata yang bagus untuk melihat peluang atau memiliki indera penciuman yang kuat dari peluang-peluang ini, tetapi mereka bertindak ke arah ini. Peluang tidak hanya dicari, dibuat, dibuka, dan diklarifikasi. Seorang pengusaha harus memiliki disiplin yang tinggi, karena seorang pengusaha berinvestasi dan mengambil risiko. Pengusaha sukses bukanlah pemalas atau pencari kerja. Mereka ingin pekerjaan dilakukan dan apa yang dapat mereka pikirkan segera. Mereka bertengkar seiring waktu karena peluang selalu tentang waktu.

Apa yang merupakan peluang pada suatu waktu mungkin bukan peluang di waktu lain. Ketika peluang hilang, itu mungkin tidak kembali lagi. Setiap ide dan inovasi yang cemerlang perlu dibangun dari bawah ke atas dan diorganisir di sepanjang rantai nilai.


5. Gunakan hanya penawaran terbaik.

Cara untuk mengevaluasi peluang adalah perubahan dalam nilai ekonomi yang dikandungnya, di masa depan yang lebih cerah, kemampuan untuk menunjukkan keberhasilan dan perubahan yang muncul. Semua ini sering terkait dengan kepercayaan bahwa “suka” atau “bisa” melakukan ini untuk objek bisnis. Pada akhirnya, kesuksesan setiap orang ditentukan oleh kesuksesan seseorang dalam memilih.


6. Fokus pada eksekusi

Pengusaha bukanlah orang yang berjuang dengan pikiran, berpikir atau menguji hipotesis, tetapi orang yang fokus pada eksekusi. Mereka tidak ingin menghentikan eksploitasi pikiran atau berubah menjadi pikiran yang mencurigakan. “Daripada menganalisis ide-ide baru sampai mati, orang-orang berpikir wirausaha mengambil tindakan dan menyadari apa yang sedang dipikirkan” (McGraith dan Mac Millan, 2000, p.3). Mereka juga beradaptasi dengan situasi, yang mudah beradaptasi dengan peristiwa atau tantangan baru di lapangan.


7. Fokuskan energi setiap orang pada pekerjaan yang sedang mereka jalani

Pengusaha tidak bekerja sendiri. Gunakan tangan dan pikiran semua orang di dalam dan di luar perusahaan. Alih-alih membuat impian mereka sendiri, mereka membuat jaringan. Ini menyatukan musisi yang, seperti kontraktor orkestra atau direktur musik, terampil dalam memainkan instrumen yang berbeda untuk menghasilkan nada musik yang disukai penonton. Untuk ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk menyatukan orang, membangun jaringan, mengarahkan, menyatukan gerakan, memotivasi dan berkomunikasi.

Sumber : https://materi.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *