Categories
Pendidikan

Materi Linear – Pengertian, Dan Rumusnya

Materi Linear – Pengertian, Dan Rumusnya

Satu lagi pembelajaran yang mungkin kerap kalian dengar saat mepelajari bidang study Matematika, yaitu Materi Linear. Dimana pembelajaran yang satu ini bukan lagi hal yang asing atau jarang didengar oleh kalian para pelajar yang saaat ini masih menempuhh pendidikan, baik ditingkat SLTP maupun SLTA. Seperti biasa jika kita membahas pelajaran Matematika maka yang terlintas dalam fikiran pastilah sebuah pelajaran dengan serangkaian rumus rumus yang mungkin bagi kalian sulit atau bahkan membosankan. Namun kalian harus menghilangkan stigma tersebut karena menurut kami pendapat akan sulitnya Metematika hanyalah alasan bagi orang orang yang malas belajar.

Sebenarnya dalam pelajaran matematika, bukanlah sebuah hal yang menakutkan atau membosankan. Hanya saja kita perlu menyiasati cara belajar kita agar tidak jadi sesuatu yang membuat kita jenuh apalagi takut. Dalam matematika setiap pelajarannya umumnya memang memiliki rumus untuk menemukan jawabannya, ini jelas sudah tersedia dan tugas kita hanyalah perlu menghafalnya. Menurut kami, jika seseorang tersebut memiliki kelebihan dalam pelajaran Matematika, atau dengan kata lain jika seseorang dapat menguasai pelajaran Matematika, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut temasuk kedalam golongan manusia yang memiliki IQ tinggi atau dapat dibilang pintar.

Jika pada masa dahulu pembelajaran Matematika hanya berdasarkan dari empat element yang harus dikuasai, yaitu Perkalian, Pembagian, Penambahan, Dan Pengurangan. Berbeda pada saat ini, pembelajaran matematika dapat dibilang telah berevolusi dengan berbagai macam jenis pembelajaran, yang mana Matematika juga telah masuk dalam kategori perlombaan tingkat Olimpiade yang seriing diselenggarakan bahkakn sampai tingkat dunia. Jadi pendapat tentang yang mengatakan bahwa pelajaran matematika ini membosankan itu menurut kami tidak beralasan. Kembali kepokok pembahasan tentang Materi Linear, untuk lebih memahaminya kalian mesti menyimak penjabarannya berikut ini :

Pengertian Dari Materi Linear

Materi Linear Atau Program Linear adalah Ulasan pada Pasal Optimasi dalam bidang study Matematika. Dimana persoalan yang terdapat dalam Program Linear ini umumnya memiliki hubungan yang memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan biaya pembuatan atau produksi.

Silahkan kalian simak kolom berikut ini :

Table Maksimum Dan Minimum

Persoalan Maksimal Persoalan Minimal
Maksimal f(x,y) = ax + by Minimum f(x,y) = ax + by
Syarat :

 

c1x + d1y < k1

 

c2x + d2y < k2

 

x > 0

y > 0

 

Syarat :

 

m1x + n1y > k1

 

m2x + n2y > k2

 

x < 0

y < 0

Ket : a,b,c ialah koefisien

 

Serta k ialah konstanta

Ket : a,b,m,n ialah koefisien

 

Serta k ialah konstanta

 

Rumus Dari Materi Linear

Masalah atau persoalan pada bidang pelajaran atau program linear yan g umum dinyatakan dalam bentuk kalimat lalu diubah kepada model matematika. Apa yang dimaksud dengan model amtematika? Model matematika ialah sebuah pernyataan yang diketahui menggunakan notasi dan peubah matematika.

Contohnya :

Sebuah pabrik baju membuat 2 model baju menggunakan 2 bahan yang berbeda beda. Paduan model pertama yaitu 200 gr bahan kain pertama dan yang kedua terdiri dari 150 gr bahan kain. Sedangkan komposisi yang kedua ialah 180 gr bahan kain pertama serta 170 gr bahan kain kedua. Stok digudang bahan kain pertama 76 kg dan stok digudang bahan kain kedua 64 kg. Sementara diketahui harga bahan kain pertama ialah rp 500.000,00 serta harga bahan kedua ialah  rp 400.000,00.

Jika kita simpulkan/ disederhanakan kedalam bentuk kolom, maka terlihat seperti beri9kut ini :

Jenis baju Bahan kain 1 Bahan kain 2 Harga baju Jumlah baju
Model 1

 

Model 2

200 gr

 

180 gr

150 gr

 

170 gr

Rp 500.000,00

 

Rp 400.000,00

X

 

Y

Ketersediaan 72.000 gr 64.000 gr  

 

Menururt peubah yang berdasarkan jumlah optimal model 1 yaitu x serta model 2 yaitu y. Menurut optimal penjualan yaitu f ( x,y ) = 500.000x + 400.000y. berdasarkan syarat berikut :

  • Jika jumlah maksimum bahan kain 1 ialah 72.000gr, jadi 200x + 150y <000
  • Jika jumlah maksimum bahan kain 2 ialah 64.000gr, jadi 180x + 170y <000
  • Setiap model harus dibuat masing masing

Perwujudan dalm model matematikanya ialah sebagai berikut ini :

Model Maksimal
Maksimal f(x,y) = 500.000x + 400.00y
Syarat :

 

200x + 150y < 72.000

 

180x + 170y < 64.000

 

X > 0

 

Y > 0

 

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Materi Linear, lengkap dengan pengertian dan rumusnya, yang telah kami coba ulas untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai hal semacam ini. Terus ikuti artikel kami yang lainnya, tentunya dengan berbagai pembahasan bidang pelajaran yang kami rangkum dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Kamipun berharap ini akan dapat memberi manfaat untuk kalian semua, dan selamat membaca kembali.

 

Baca Juga :

  • Asphalt 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *